Berkat Tersembunyi

Sesudah itu Yakub menyuruh memanggil Rahel dan Lea untuk datang ke padang, ke tempat kambing dombanya, lalu ia berkata kepada mereka: “Telah kulihat dari muka ayahmu, bahwa ia tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadaku, tetapi Allah ayahku menyertai aku. Juga kamu sendiri tahu, bahwa aku telah bekerja sekuat-kuatku pada ayahmu. Tetapi ayahmu telah berlaku curang kepadaku dan telah sepuluh kali mengubah upahku, tetapi Allah tidak membiarkan dia berbuat jahat kepadaku. ( Kej 31:4-7)

Telah disepakati bahwa untuk mendapatkan Rachel menjadi istrinya maka Yakub harus bekerja 7 tahun pada Laban ayah Rachel. Ternyata Laban berlaku curang, ia membohongi Yakub sehingga Yakub harus bekerja 14 tahun untuk mendapatkan Rachel . Laban bahkan 10 kali berbuat curang dengan mengubah upah Yakub, namun Allah menolong Yakub.

Mungkin saja atasan kita kurang menyukai kita. Ada saja yang diperbuatnya untuk menurunkan kapasitas kerja ataupun penghasilan kita. Meskipun demikian marilah kita tetap menaruh hormat kepada atasan atau pimpinan kita, toh perbuatan mereka tidak akan mempengaruhi hasil atau berkat yang diberikan kepada kita.

Marilah kita tetap melakukan bagian kita dengan sungguh-sungguh. Tuhan pasti akan membela kita dan tidak dibiarkannya kita selamanya ditekan orang lain. Ada waktunya Tuhan akan mengubah apa yang tidak baik menjadi baik. Percaya saja dalam keadaan yang tidak mengenakkan sekalipun disitu kita bisa temukan  berkat-berkat Tuhan yang tersembunyi. [RA]